Jejaring Sosial Sebagai Media Promosi Usaha Di Era Globalisasi


Ikrimah Laily
A1A110030

Jejaring sosial merupakan salah satu bagian dari media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi media tersebut. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Dibandingkan dengan media massa, media sosial memiliki ciri-ciri tersendiri yang membendakannya dengan media massa. Ciri-ciri media sosial tersebut yaitu, pertama pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang. Kedua pesan yang disampaikan bebas, tanpaharus melalui suatu gatekeeper. Keempat pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya dan yang kelima penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Situs jejaring sosial adalah aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Pada situs jejaring sosial setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Salah satu contoh situs jejaring sosial adalah facebook.
Perkembangan situs jejaring sosial dapat dilihat dari tahun 1978, diman merupakan awal dari penemuan sistem papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan surat elektronik, ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Semua ini dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem. Kemudian pada tahun 1997 muncul situs jejaring sosial pertama yaitu sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs classmates.com yang juga merupakan situs jejaring sosial. Namun sixdegree.com di anggap lebih menawarkan situs jejarinf sosial dibandingkan classmates.com
Pada tahun 2002 dimana berdirinya friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal. Lalu pada tahun 2004 lahirnya facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak di tahun 2006 lahirnya twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama tweet ini hanya di batasi 140 karakter.
Globalisasi secara intensif terjadi pada awal abad XX yang ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi. Menurut John Huckle dalam Miriam Steiner (1996) globalosasi adalah Suatu proses dengan mana kejadian, keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh. Ciri utama di era globalisasi adalah adanya keterbukaan sehingga batas-batas negara atau wilayah menjadi buram, sehingga ada ketergantungan antar negara atau wilayah. Hal ini karena adanya keterbukaan informasi dan kuatnya komunikasi.
Di abad XXI ini, globalisasi sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Dengan berbagai jenis jejaring sosial, setiap orang dapat dengan mudah mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang dari berbagai belahan dunia lainnya. Salah satu sebab menjamurnya pengguna jejaring sosial adalah mudahnya media untuk mengakses jejaring sosial tersebut. dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, hanya dengan mobile phone, seseorang dapat terhubung ke berbagai jejaring sosial tanpa biaya yang tinggi. Keunggulan lainnya dari jejaring sosial adalah penggunanya dapat dengan bebas mengedit, menambahkan, momodifikasi baik berupa tulisan, gambar, video, grafis dan berbagai medol content lainnya.
Jejaring sosial seperti sudah menjadi bagian dari kehidupan seseorang dewasa ini. Pengguna jejaring sosial datang dari berbagai lapisan umur, dari anak-anak hingga dewasa. Penggunanya juga datang dari berbagai kalangan profesi, dari orang biasa, pelajar, pendidik, pengusaha, pegawai, bahkan presiden pun menjadi salah satu pengguna jejaring sosial.
Kemudahan dalam mengakses dan banyaknya pengguna jejaring sosial ini, menjadi salah satu faktor dimanfaatkannya jejaring sosial sebagai salah satu media promosi usaha di era globalisasi ini. Promosi usaha sangat penting dilakukan oleh seorang pengusaha atau wirausahawan dalam memperkenalkan usahanya. Promosi merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah kegiatan usaha.
Dalam kegiatan promosi,wirausahawan memperkenalkan atau mendemonsrasikan bagaimana hasil usahanya pada masyarakat. Diharapkan masyarakat tahu akan usaha yang dijalankan wirausahawan tersebut dan menjadi pengguna barang atau jasa yang ditawarkannya. Dalam promosi itulah masyarakat dapat mengenal dan memilih mana barang ataupun jasa yang benar-benar diperlukan dan diinginkannya.
Di era globalisasi ini, media promosi usaha juga berkembang. Jika dulunya promosi usaha dilakukan melalui media massa, maka sekarang promosi usaha juga dapat dilakukan dengan media sosial. Salah satu media sosial yang dapat menjadi media usaha adalah jejaring sosial. Kini, para pengusaha atau wirausahawan dapat mempromosikan usahanya dengan jalan lebih mudah dan praktis melalui jejaring sosial. Cukup dengan memposting atau menuliskan tentang usahanya pada web page sebuah jejaring sosial kemudian membagikannya dengan teman-teman dan pengguna jejaring sosial lainnya.
Jejaring sosial yang memungkinkan interaksi antar pengguna sehingga terjadi komunikasi, juga merupakan keunggulan tersendiri jika dilakukan promosi usaha. Misalnya saja, seorang pengusaha mempromosikan usahanya dibidang jual beli barang di jejaring sosial (yang sekarang dikenal dengan online shop) maka dia dapat beinteraksi langsung dengan calon pelanggannya. Pelanggan dapat bertanya langsung tentang barang yang akan dibeli atau dijualnnya. Dengan adanya komunikasi dua arah ini, pelanggan cenderung lebih puas dalam bertransaksi dibandingkan dengan hanya dapat melihat iklan atau promo tanpa dapat bertanya atau berkomentar tentang barang tersebut.
Keunggulan lainnya dari penggunaan jejaring sosial sebagai media promosi usaha adalah setiap orang yang merupakan pengguna jejaring sosial dapat mempromosikan usahanya, walaupun dia bukan seorang pengusaha besar. Seorang pemula atau orang yang baru merintis usahanya dapat dengan mudah mempromosikan usahanya di situs jejaring sosial, tanpa modal yang besar. Misalnya saja usaha handmade yang sekarang sedang naik daun, atau usaha rumahan lainnya. Dapat mempromosikan usahanya dengan memasang foto semenarik mungkin beserta informasi lainnya pada sitis jejaring sosial dan berbagi dengan pengguna jejaring sosial lainnya. Hal ini tentu saja mendorong majunya usaha orang tersebut, karena seperti dikatakan diatas, promosi merupakan salah satu faktor penting dalam keberhasilan wirausaha.
Namun, dibalik segala keunggulan penggunaan jejaring sosial sebagai media promosi usaha, juga terdapat kelemahan. Penggunaan jejaring sosial yang sangat bergantung pada jaringan internet, akan membatasi ruang promosi. Pengguna jejaring sosial hanya dapat mengakses jika terhubung dengan internet, ini berarti jika tidak ada jaringan atau sedang terputus dengan jaringan internet maka tidak akan ada interaksi dengan jejaring sosial. Selain itu, penipuan juga rentan terjadi, baik terhadap pengguna jasa usaha maupun orang yang mempromosikan usahanya di jejaring sosial.

Sumber:
Wikipedia. Jejaring Sosial. Diakses dari http://id.wikipedia.org
________. Globalisasi. Diakses dari http://id.wikipedia.org
________. Media Sosial. Diakses dari http://id.wikipedia.org
Handout dari Safitri Yosita Ratri (online)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengintip Hulu Sungai Selatan Masa Praaksara (sebuah catatan di hari ulang tahun)

Jreng jreng jrengggg… Syelamath Ulang Tahun kabupaten ku yang manis dan indah, Hulu Sungai Selatan.. Roma atau Paris, indah Kandang...