Ikrimah Laily
A1A110030
Jejaring sosial merupakan salah
satu bagian dari media sosial. Media sosial adalah sebuah media online, dengan
para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
media tersebut. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan
dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial
yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Dibandingkan dengan media massa,
media sosial memiliki ciri-ciri tersendiri yang membendakannya dengan media
massa. Ciri-ciri media sosial tersebut yaitu, pertama pesan yang disampaikan
tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang. Kedua
pesan yang disampaikan bebas, tanpaharus melalui suatu gatekeeper. Keempat
pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya dan yang
kelima penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.
Situs jejaring sosial adalah
aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat
informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Pada situs
jejaring sosial setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung
dengan teman-teman untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Salah satu contoh
situs jejaring sosial adalah facebook.
Perkembangan situs jejaring
sosial dapat dilihat dari tahun 1978, diman merupakan awal dari penemuan sistem
papan buletin yang memungkinkan untuk dapat berhubungan dengan orang lain menggunakan
surat elektronik, ataupun mengunggah dan mengunduh perangkat lunak. Semua ini
dilakukan masih dengan menggunakan saluran telepon yang terhubung dengan modem.
Kemudian pada tahun 1997 muncul situs jejaring sosial pertama yaitu
sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs classmates.com
yang juga merupakan situs jejaring sosial. Namun sixdegree.com di anggap lebih
menawarkan situs jejarinf sosial dibandingkan classmates.com
Pada tahun 2002 dimana berdirinya
friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan
keberadaan sebuah media sosial menjadi fenomenal. Lalu pada tahun 2004 lahirnya
facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan
salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak di tahun 2006
lahirnya twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya,
karena pengguna dari twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama
tweet ini hanya di batasi 140 karakter.
Globalisasi secara intensif terjadi
pada awal abad XX yang ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi.
Menurut John Huckle
dalam Miriam Steiner (1996) globalosasi adalah Suatu proses dengan mana
kejadian, keputusan dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu
konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah yang jauh. Ciri
utama di era globalisasi adalah adanya keterbukaan sehingga batas-batas negara
atau wilayah menjadi buram, sehingga ada ketergantungan antar negara atau
wilayah. Hal ini karena adanya keterbukaan informasi dan kuatnya komunikasi.
Di abad XXI ini, globalisasi sudah menjadi bagian dari
kehidupan masyarakat. Dengan berbagai jenis jejaring sosial, setiap orang dapat
dengan mudah mengakses informasi dan berkomunikasi dengan orang dari berbagai
belahan dunia lainnya. Salah satu sebab menjamurnya pengguna jejaring sosial
adalah mudahnya media untuk mengakses jejaring sosial tersebut. dengan
kecanggihan teknologi sekarang ini, hanya dengan mobile phone, seseorang dapat
terhubung ke berbagai jejaring sosial tanpa biaya yang tinggi. Keunggulan
lainnya dari jejaring sosial adalah penggunanya dapat dengan bebas mengedit,
menambahkan, momodifikasi baik berupa tulisan, gambar, video, grafis dan
berbagai medol content lainnya.
Jejaring sosial seperti sudah menjadi bagian dari kehidupan
seseorang dewasa ini. Pengguna jejaring sosial datang dari berbagai lapisan
umur, dari anak-anak hingga dewasa. Penggunanya juga datang dari berbagai
kalangan profesi, dari orang biasa, pelajar, pendidik, pengusaha, pegawai,
bahkan presiden pun menjadi salah satu pengguna jejaring sosial.
Kemudahan dalam mengakses dan banyaknya pengguna
jejaring sosial ini, menjadi salah satu faktor dimanfaatkannya jejaring sosial
sebagai salah satu media promosi usaha di era globalisasi ini. Promosi usaha
sangat penting dilakukan oleh seorang pengusaha atau wirausahawan dalam
memperkenalkan usahanya. Promosi merupakan salah satu faktor penting dalam
kesuksesan sebuah kegiatan usaha.
Dalam kegiatan promosi,wirausahawan memperkenalkan
atau mendemonsrasikan bagaimana hasil usahanya pada masyarakat. Diharapkan
masyarakat tahu akan usaha yang dijalankan wirausahawan tersebut dan menjadi
pengguna barang atau jasa yang ditawarkannya. Dalam promosi itulah masyarakat
dapat mengenal dan memilih mana barang ataupun jasa yang benar-benar diperlukan
dan diinginkannya.
Di era globalisasi ini, media promosi usaha juga
berkembang. Jika dulunya promosi usaha dilakukan melalui media massa, maka
sekarang promosi usaha juga dapat dilakukan dengan media sosial. Salah satu
media sosial yang dapat menjadi media usaha adalah jejaring sosial. Kini, para
pengusaha atau wirausahawan dapat mempromosikan usahanya dengan jalan lebih
mudah dan praktis melalui jejaring sosial. Cukup dengan memposting atau
menuliskan tentang usahanya pada web page sebuah jejaring sosial kemudian
membagikannya dengan teman-teman dan pengguna jejaring sosial lainnya.
Jejaring sosial yang memungkinkan interaksi antar
pengguna sehingga terjadi komunikasi, juga merupakan keunggulan tersendiri jika
dilakukan promosi usaha. Misalnya saja, seorang pengusaha mempromosikan
usahanya dibidang jual beli barang di jejaring sosial (yang sekarang dikenal
dengan online shop) maka dia dapat beinteraksi langsung dengan calon pelanggannya.
Pelanggan dapat bertanya langsung tentang barang yang akan dibeli atau
dijualnnya. Dengan adanya komunikasi dua arah ini, pelanggan cenderung lebih
puas dalam bertransaksi dibandingkan dengan hanya dapat melihat iklan atau
promo tanpa dapat bertanya atau berkomentar tentang barang tersebut.
Keunggulan lainnya dari penggunaan jejaring sosial
sebagai media promosi usaha adalah setiap orang yang merupakan pengguna
jejaring sosial dapat mempromosikan usahanya, walaupun dia bukan seorang
pengusaha besar. Seorang pemula atau orang yang baru merintis usahanya dapat
dengan mudah mempromosikan usahanya di situs jejaring sosial, tanpa modal yang
besar. Misalnya saja usaha handmade yang sekarang sedang naik daun, atau usaha
rumahan lainnya. Dapat mempromosikan usahanya dengan memasang foto semenarik
mungkin beserta informasi lainnya pada sitis jejaring sosial dan berbagi dengan
pengguna jejaring sosial lainnya. Hal ini tentu saja mendorong majunya usaha
orang tersebut, karena seperti dikatakan diatas, promosi merupakan salah satu
faktor penting dalam keberhasilan wirausaha.
Namun, dibalik segala keunggulan penggunaan jejaring
sosial sebagai media promosi usaha, juga terdapat kelemahan. Penggunaan
jejaring sosial yang sangat bergantung pada jaringan internet, akan membatasi
ruang promosi. Pengguna jejaring sosial hanya dapat mengakses jika terhubung
dengan internet, ini berarti jika tidak ada jaringan atau sedang terputus
dengan jaringan internet maka tidak akan ada interaksi dengan jejaring sosial.
Selain itu, penipuan juga rentan terjadi, baik terhadap pengguna jasa usaha
maupun orang yang mempromosikan usahanya di jejaring sosial.
Sumber:
Wikipedia. Jejaring
Sosial. Diakses dari http://id.wikipedia.org
________.
Globalisasi. Diakses dari http://id.wikipedia.org
________.
Media Sosial. Diakses dari http://id.wikipedia.org
Handout dari Safitri Yosita
Ratri (online)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar